PEMBATIK LEVEL 4 2020...I AM COMING 😍πŸ’ͺ

 


PembaTIK Level 4 2020
I AM COMING 🀩

Yeaaaaa...Alhamdulillah Yaa Rabb... Barakallah...🀲 Segala Puji BagiMu Yaa Allah..Itulah kalimat yang terucap saat saya mengetahui kalau saya lulus PembaTIK level 3 2020 untuk wilayah Sulawesi Tengah.

Berawal ketika saya melihat notifikasi grup Whatsapp PembaTIK level 3 sudah ada puluhan chat. Saya langsung buka WA grup dan saya melihat disana  teman-teman sudah pada heboh saling balas chattingan.  Dengan dialeg khas orang Palu khususnya dan Sulawesi Tengah pada umumnya... ada yang chat katanya "Hei teman... so keluar pengumuman kelulusan pembaTIK level 3". Yang lain balas "bah iyokah (benarkah)?" Iyooo(benar)...jang babohong le (jangan berbohong) balas yang lainnya". Hehehe... begitulah dialeg kami di Sulawesi Tengah kira-kira.

Tanpa menunggu waktu lama saya langsung membuka browser google crome. Tangan saya gemetar jantung pun dag dig dug penuh kecemasan. Dalam hati  saya berkata... Yaa Allah... Engkau sebaik-baik Pemberi Rizki. Apapun hasil yang saya dapatkan maka itulah yang terbaik untuk saya. Kemudian saya mulai login di laman Simpatik.kemdikbud.go.id dan mengklik pelatihan saya. Mata dan jari saya bak seirama menscroll mencari pelatihan pembaTIK level 3 2020 - Gelombang 1. Setelah itu saya klik detail dan kemudian...*ALHAMDULILLAH YAA RABB...BARAKALLAH🀲🀲🀲 SEGALA PUJI BAGIMU ... SUNGGUH NIKMAD YANG  SANGAT BESAR TELAH ENGKAU BERIKAN KEPADA HAMBA* Trimakasih yaa Allah...Ucapku sedikit berteriak. Saya melihat tulisan di kolom pengumuman dalam kotak hijau yang isinya *Selamat, anda lulus* Yes... saat itu rasa bahagia  teramat sangat merasuki hati saya. Jerih payah yang selama ini saya lakukan berbuah manis. Betapa tidak, untuk dapat lolos ke  level 4 itu membutuhkan kerja keras, ketekunan, dan kesungguhan hati dalam menyelesaikan semua penugasan yang diberikan. Waktu, tenaga, dan pikiran pun terkuras banyak. Punggung pegal, mata berkunang-kunang, jalan sempoyongan sempat saya alami karena menyelesaikan tugas hingga larut bahkan sampai dini hari. Dan itu saya lakukan berhari-hari sampai pada batas waktu penyelesaian tugas berakhir. Semua karena niat dan kesungguhan hati saya menyelesaikan tugas pembaTIK level 3.  Khususnya tugas dalam pembuatan Video Pembelajaran atau Multi media Pembelajaran Interaktif(MPI). "*Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil*" itulah kalimat bijak yang menjadi penggiring semangat saya. 

kemudian saya logout/keluar dari laman Simpatik dan masuk kembali ke grup Whatsapp level 3. Saya pun berbagi chat tanda kebahagiaan bersama teman-teman lainnya yang juga dinyatakan lulus level 3 baik peserta dari gelombang 1 maupun gelombang lainnya. Saya sendiri adalah salah satu dari sekian banyak peserta pembaTIK level 3 2020 gelombang 1. Memang  peserta yang lulus Pelatihan PembaTIK level 3 2020 Sulawesi Tengah ini berasal dari beberapa gelombang sesuai waktu pendaftarannya. karena banyaknya peserta mendaftar pelatihan PembaTIK tahun ini yang mencapai 30 gelombang dengan jumlah peserta puluhan ribu. Wow...luar biasa  animo peserta pelatihan PembaTIK kali ini bukan???

Peserta yang ikut pada pelatihan PembaTIK  tahun 2020 mulai level 1 (Literasi TIK)  hingga dinyatakan lolos ke level 2 (Implementasi TIK) dan level 3 (Kreasi TIK) ini pada akhirnya yang mampu bertahan dari seluruh propinsi di Indonesia tinggal mencapai kurang lebih 3 ribuan orang. Dari jumlah tersebut terseleksi kembali sebanyak 1020 peserta yang lolos ke level 4 yang masing-masing propinsi telah diberikan kuota sebanyak 30 orang.


Saya sebenarnya alumni PembaTIK 2019 yang lolos ke level 3 (Kreasi TIK). Tahun 2019 pelaksanaan pelatihan PembaTIk hanya sampai pada level 3. Pelaksanaan pelatihannya pun secara tatap muka dan bertempat di LPMP Sulawesi Tengah. Karena pelatihannya saat itu sampai level 3  saja maka tahun ini saya dan teman - teman se Indonesia yang lolos di level tersebut diterima menjadi peserta pelatihan mulai level 3( Kreasi TIK). Kami tidak perlu lagi ikut kegiatan pada level 1 dan level 2. Hhhmm...lumayan menghemat energi...hahaha... trimakasih kepada pihak pusdatin karena memberikan keringanan kepada kami. PUSDATIN TETAP DIHATI 😍 

Untuk Propinsi Sulawesi Tengah, peserta PembaTIK level 3 2020 yang dinyatakan lulus berdasarkan nilai passing grade (minimal 70) ada 34 orang. Namun karena kuota yang diberikan untuk masing-masing propinsi hanya 30 orang saja. Oleh karena itu, kemudian dilakukan perangkingan.  Otomatis akan ada empat orang peserta yang tereliminasi dengan perolehan nilai dibawah peserta yang lain. 

Sedih rasanya melihat dan mendengar empat orang kawan kami yang tidak bisa lanjut ke level 4.  karena  selama bersama digrup kami selalu saling memotivasi, berbagi informasi, berbagi kiat-kiat sukses untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya. Namun karena nilai dan perangkingan yang mempersyaratkan untuk itu,  mereka pun harus berhenti sampai pada level 3 saja. 

Bagi saya mereka adalah kawan-kawan hebat dan luar biasa. Kemampuan IT merekapun tidak diragukan. Bahkan ada satu kawan saya, partner saya yang sama-sama sebagai trainer Microsoft 365 dalam kegiatan  pelatihan pengenalan Office 365 dan fitur-fiturnya. Beliau lulus passing grade. Perolehan nilainya hanya bertaut sedikit dengan kawan yang berada di 30 besar. Sehingga beliau tidak bisa lanjut. Hanya karena keberuntungan yang belum berpihak pada mereka. Yaaa...kesuksesan yang tertunda, itulah kalimat yang tepat untuk mereka.

PembaTIK level 4, I am Coming...yeeeiii😍πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺSekarang saya sudah diterima sebagai peserta pembaTIK level 4 (Berbagi TIK) 2020 bersama 29 kawan saya lainnya. Sebagai awal kamipun diundang oleh Para Duta Rumah Balajar tahun 2017, 2018, dan 2019 untuk bergabung khusus digrup whatsapp level 4. Saling sapa dengan penuh kegembiraan menghiasi ruang WA kami saat itu. Para duta pun menyambut kami dengan penuh kehangatan sambil memberi ucapan selamat kepada semua anggota grup yang telah lolos ke level 4.

Bapak Hamzah Ramdhani, M.Pd, (SMPN 2 Bumi Raya Kab. Morowali) Duta Rumah Belajar Tahun 2019, ibu Emi Sunarmi, S.Pd. (SD Inpres 1 Talise Kota Palu) Duta Rumah Belajar Tahun 2018, dan ibu Fatma Sariati, M.Pd. (SMA Negeri 3 Palu Kota Palu) Duta Rumah Belajar Tahun 2017 merupakan Duta Rumah Belajar untuk Propinsi Sulawesi Tengah. Merekalah yang akan mendampingi dan membimbing kami selama  proses penyelesaian penugasan pada level 4 ini. Adapun penugasan pada PembaTIK level 4 2020 adalah Peserta harus membuat Vlog, Blog, portofolio dan publikasi tentang pemanfaatan rumah belajar baik dalam bentuk Flyer, Video, maupun sosialisasi langsung (daring dan luring). Jadi jangan heran kalau banyak bertebaran Flyer, video, atau bahkan hanya sebatas kalimat motivasi dalam pemanfaatan rumah belajar sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh melalui media sosial baik berupa FB, IG, Youtube dan lainnya. Bukan untuk gagah-gagahan atau pamer diri tetapi bagaimana promosi itu dapat membawa manfaat kepada orang banyak khususnya guru dan peserta didik yang nantinya akan membawa perubahan dan peningkatan dalam proses belajar mengajar  yang lebih baik baik di rumah maupun disekolah. 

*Semangattt....*πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Mengapa harus Duta Rumah Belajar yang mendampingi dan membimbing kami pada level 4 (Berbagi TIK) PembaTIK 2020 ini??? 
1. Karena merekalah yang ditugaskan oleh Pusdatin(Pusat Data dan Teknologi Informasi) untuk menjadi Coach(pelatih,pengarah) pada peserta PembaTIK level 4 2020. 
2. Karena akhir dari kegiatan pelatihan PembaTIK level 4 2020 adalah terpilihnya Duta Rumah Belajar tahun 2020 yang telah melalui proses pendampingan dan pembimbingan para duta dalam penyelesaian tugas yang diberikan. Setelah peserta selesai memasukkan tugasnya, pihak Pusdatin( Panitia Pemilihan Duta Rumah Belajar) akan memberikan penilaian. Dan yang menjadi Duta Rumah Belajar adalah yang terbaik dari 30 peserta dengan kata lain hanya 1 yang akan dinobatkan sebagai Duta.

Menjadi Duta Rumah Belajar tentunya merupakan kebanggaan bagi siapa pun yang menyandangnya. Apresiasi yang diberikan oleh Pihak Pusdatin menunjukkan akan kwalitas kompetensi dan keterampilan secara profesional yang dimilikinya.  Namun terlepas dari itu, menjadi Duta Rumah Belajar (DRB) ataupun Sahabat Rumah Belajar(SRB) bagi saya merupakan dua hal yang sama-sama membanggakan. Karena sesungguhnya tujuan utamanya adalah bagaimana kita mampu berbagi ilmu yang sudah kita peroleh secara ikhlas kepada siapa saja tanpa ada batas ruang dan waktu. Ilmu tentang pembuatan video pembelajaran, ilmu tentang penggunaan model pempelajaran berbasis IT (Blended Learning, Flipped Classroom, dll), dan ilmu/trik  sosialisasi program pemerintah dalam pemanfaatan Portal Rumah belajar  dapat tersampaikan dengan baik kepada siapapun (guru, siswa, orang tua, pegiat/pemerhati pendidikan, masyarakat, dll).

Duta Rumah Belajar (DRB) dan Sahabat Rumah Belajar ( SRB) memiliki visi dan misi yang sama yaitu:
-  menggemakan Portal Rumah Belajar dan pemanfaatan fitur-fitur didalamnya untuk menunjang proses pembelajaran,   
- membantu guru atau masyarakat lainnya dalam hal pembuatan video khususnya video pembelajaran serta edugame yang menarik bagi peserta didik.
  - membantu guru agar memiliki kompetensi dalam pengembangan pembelajaran berbasis IT dengan prinsip *MERDEKA BELAJAR*.
- berbagi secara ikhlas dan terus mensosialisasikan Portal Rumah Belajar serta  pemanfaatannya  untuk membantu para guru dan siswa yang saat ini mengadakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)  karena masih berada pada situasi Pandemi Covid 19. Sosialilasi pun dapat dilakukan melalui media sosial (Vicon, FB, IG, Youtube, Twitter, dll) bahkan bila memungkinkan sosialisasi dapat dilakukan secara tatap muka langsung. Semua ini dilakukan bermuara pada pencapaian visi dan misi bersama pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Demikian sekilas kisah saya dalam mengikuti Pelatihan PembaTIK 2020, Semoga Allah SWT memberikan rahmat kesehatan dan kekuatan kepada saya dan rekan se Sulawesi Tengah khususnya dan se Indonesia pada Umumnya untuk menyelesaikan seluruh penugasan yang diberikan dan sampai pada akhir kegiatan ini pun kami masih istiqomah dalam menggelorakan Rumah Belajar diseluruh pelosok negeri.

RUMAH BELAJAR
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja
# MerdekaBelajarnya
# RumahBelajarPortalnya
# MajuIndonesianya
# PembaTIKlevel4SulawesiTengah
# PusdatinKemdikbud

Komentar

  1. mantul bunda, ayo semangat untuk menjadi duta rumah belajar berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakaih banyak Om Jay...semoga Om Jay sehat selalu agar senantiasi trrus menjadi penggerak danbpenyemangat kami yang baru belajar menilis...πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  2. Mantaaab...
    Semoga makin sukses di level berikutnya
    Semangat...!
    Mari singgah di ceritatintapenaku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...Trimakasih Bund...Siap berkunjung ke blognya bunda...πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  3. Balasan
    1. Aamiin Yaa Rabb...Trimakasih Pak Buk...πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  4. Barokallah.. semangat menimba ilmu yang semakin dipelajari semakin banyak yang belum dikuasai.. dan semangat berkarya menebar manfaat sebanyak banyaknya untuk memberi manfaat

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, barokallah bunda
    Ilmu membatiknya siap dibagikan πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. Masya Allah... Kereeen...
    TOP untuk mem πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

    BalasHapus
  7. Panutanku memang kk ifaa 😍😍

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah.. Semoga makin sukses dan inovatif sehingga memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Provinsi Sulawesi Tengah.

    BalasHapus
  9. Terus belajar dan berkarya untuk kemajuan Pendidikan di Kota Palu.. semoga kompetensi yg didapatkan bisa diimplementasikan dan berguna bagi peserta didik kita

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah...
    Ajarin ya buat vidiox mam

    BalasHapus
  11. keren...lanjutkan..tetap semangat salam rumah belajar

    BalasHapus
  12. Sukses selalu bu, salam sahabat rumah belajar

    BalasHapus
  13. Hebat πŸ‘ uraiannya runtut dan lengkap πŸ™ semoga semakin memacu untuk terus berkarya berbagi manfaat bagi sesama πŸ‘‹AstutiπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  14. tetap semangat, terus berbagi kebaikan

    BalasHapus
  15. Sukses menanti... Aamiiin πŸ‘πŸ€²

    BalasHapus
  16. mantap...terus menebar manfaat disekitar kita

    BalasHapus
  17. Baru buka dan baca,mam ...sangat bermanfaat dan sukses selalu mam Ifa yang baik hati

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAJIAN NIKMAT GADO-GADO PELANGI

KEGIATAN SOSIALISASI 7_SRB BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DENGAN RUMAH BELAJAR PADA MASA PANDEMI