KEGIATAN SOSIALISASI 7_SRB BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DENGAN RUMAH BELAJAR PADA MASA PANDEMI

 KEGIATAN SOSIALISASI 7_SRB BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DENGAN RUMAH BELAJAR PADA MASA PANDEMI



"Bagaimana sahabat? masih setia menyimak laporan kegiatan saya khan?"

Sahabat, kegiatan sosialisasi yang saya laksanakan dan masih berkolaborasi dengan rekan SRB Sulteng lainnya  merupakan kegiatan sosialisasi virtual(daring) terakhir untuk saat ini yang dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Oktober 2020. Kegiatan ini pun  tergolong sangat eksklusif karena di hadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Beliau dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh kepala sekolah dan penngawas mulai jenjang PAUD, SD, dan SMP bahwa dengan kondisi pandemi yang sampai saat ini belum juga berakhir, pembelajaran jarak jauh masih menjadi solusi terbaik. 

Tentunya melaksanakan pembelajaran jarak jauh dibutuhkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam TIK bukan hanya guru tetapi juga termasuk kepala sekolah, pengawas. Apalagi  saat ini kita berada di era/abad 21 atau era revolusi industri 4,0 dimana basisnya adalah teknologi. Beliau menghimbau kepada seluruh peserta yang sempat hadir dalam kegiatan webinar tersebut agar terus mengasah kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi agar pembelajaran jarak jauh tetap terlaksana dengan baik. Walaupun kenyataan dilapangan masih banyak peserta didik belum memiliki perangkat( HP, Laptop, Komputer) dan proses pembelajarannya secara luring.  




Akan sangat berdampak tidak baik pada penguasaan kompetensi peserta didik ketika terlalu lama proses pembelajaran yang saat ini belum maksimal dilaksanakan selama proses belajar dari rumah. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan kemampuan pendidik dalam penguasaan IT sehingga kegiatan pembelajaran jarak jauh terhambat. Olehnya beliau berharap kepada seluruh peserta webinar untuk terus meng update ilmu pengetahuan dan keterampilannyadan berbagi melalui metode-metode daring, luring dan lain lain. Salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan webinar seperti yang dilaksanakan saat ini. beliau juga berharap agar kegiatan seperti yang dilakukan oleh SRB ini terus dijaga, tetap berbagi kepada siapapun.

Pada kesempatan ini pula, Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Palu memberikan peenguatan kepada para kepala sekolah, pengawas terkait pemanfaatan rumah belajar yang di sosialisasikan oleh para sahabat rumah belajar. Beliau juga menyampaikan agar kepala sekolah, dan pengawas mendukung kegiatan yang dilakukan oleh sahabat rumah belajar karena mereka tersebut merupakan perpanjangan tangan dari pihak kemdikbud.


Usai Kabid ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan materinya, kegiatan dilanjutkan dengan paparan sosialisasi inovasi pembelajaran yang terintegrasi dengan portal rumah belajar oleh sahabat rumah belajar. Inovasi yang di berikan terkait model blended learning, flipped classroom, pemanfaatan laboratorium maya dan pemanfaatan fitur -fitur lainnya yang ada di rumah belajar.

Tidak lupa motivasi dari para duta rumah belajar Sulawesi Tengah tahun 2017 - 2019 terus diberikan kepada para SRB agar senantiasa berbagi dengan ikhlas kepada siapa saja demi memajukan pembelajaran yang mencerminkan merdeka belajar.

Kegiatan sosialisasi ini dapat di akses melalui rekaman video; disini dan daftar hadir peserta (38 Orang) pada link disini

Demikian laporan saya, terima kasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAJIAN NIKMAT GADO-GADO PELANGI