KEGIATAN SOSIALISASI 1; WEBINAR SRB BERBAGI PORTAL RUMAH BELAJAR DAN INNOVASI PEMBELAJARAN MASA PJJ

 KEGIATAN SOSIALISASI 1; WEBINAR SRB BERBAGI PORTAL RUMAH BELAJAR DAN INNOVASI PEMBELAJARAN MASA PJJ



Kegiatan peserta Pembatik level 4 berbagi tahun 2020 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemdikbud untuk yang ke empat kalinya sejak tahun 2017 silam. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang untuk memilih Duta Rumah Belajar tahun 2020 yang nantinya akan menjadi icon dan perpanjangan tangan dari Pusdatin Kemdikbud untuk terus membumikan portal rumah belajar dan menggerakkan guru-guru untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang IT. Bukan tidak beralasan, hal ini dilakukan agar semakin banyak guru-guru yang berkompeten dalam berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran berbasis IT sehingga tercipta pola pembelajaran yang interaktif, efektif dan menyenangkan. 

 

Dalam Kegiatan pembaTIK level 4 berbagi ini, terpilih 30 peserta di masing-masing propinsi. Ke 30 peserta tersebut mendapatkan perkuliahan dan pendampingan selama kurun waktu 1 minggu sebelum menyelesaikan tagihan penugasan yang dipersyaratkan pada level 4 ini. Karena level 4 ini merupakan level berbagi para SRB, seluruh perseta mendapatkan pembekalan tentang cara membuat vlog, blog, essai(penulisan artikel), dan sosialisasi baik secara tatap maya(daring) maupun tatap muka(luring). Melalui pembekalan tersebut diharapkan seluruh peserta mampu menyelesaikan seluruh tagihan tugas yang diberikan. 

           




Usai mengikuti perkuliahan dan pendampingan dari para nara sumber dan Duta Rumah Belajar kami kemudian mulai mepersiapkan diri untuk melaksanakan sosialisasi.Dalam ealisasi pelaksanaan sosialisasi tersebut para sahabat rumah belajar dapat berkolaborasi dengan sesama SRB dari propinsi yang sama maupun propinsi lainnya. Diberikan keleluasaan kepada sahabat rumah belajar untuk berkreasi dan berinovasi dalam mensosialisasikan rumah belajar dengan mengitegrasikan inovasi pembelajaran. Berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar tentu sangat saya harapkan. Dengan begitu akan menambah wawasan ilmu pengetahuan dan juga keterampilan saya dalam mensosialisasikan inovasi pembelajaran yang terintegrasi dengan portal rumah belajar.



Sosialisasi pertama, saya berkolaborasi dengan 2 SRB Sulawesi tengah dan seorang sahabat rumah  belajar asal Sumatera Selatan. untuk bisa berkolaborasi awalnya mencoba menghubungi via whatsaap yang akhirnya diputuskan untuk berkolaborasi dalam kegiatan webinar. Kegiatan webinar pertama ini terjadwal pada hari Senin, 5 Oktober 2020. Persiapan awal pun dilakukan oleh masing-masing sahabat. Saya kebagian membuat flyer, sedangkan sahabat dari sumatera Selatan ibu Linggawati, kebagian membuat narasi yang kemudian di satukan dengan flyer dan di sebar melalui media facebook.

Tiba waktunya sosialisasi secara virtual, kami mengambil peran masing-masing. Yang jadi host sekaligus moderator adalah ibu Atrin Maariwuth. Saya memaparkan tentang pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar. Ibu Polinma Sihombing memaparkan materi pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan animaker. Dan ibu Linggawati memaparkan terntang penerapan edpuzzle dengan memanfaatkan fitur portal rumah belajar. 





Kegiatan virtual tersebut berlangsung selama 2 jam yang di buktikan dengan hasil rekaman video yang telah di unggah ke kanal youtube dan daftar hadir peserta yang dapat di akses melalui link berikut:

Link rekaman kegiatan; Klik disini

Link Daftar Hadir; Klik disini

Demikian hasil kegiatan sosialisasi kolaborasi kami di webinar seri 1.

Terima kasih

Merdeka belajararnya, rumah belajar portalnya, maju Indonesianya

#MerdekaBelajar@Nadiem Makariem

#RumahBelajar

#PembaTIK2020

#PembaTIKlevel4

#GuruBerbagi #GuruPenggerak 

#SRBPembaTIKlevel4Berbagi

#PusdatinKemdikbud





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAJIAN NIKMAT GADO-GADO PELANGI

KEGIATAN SOSIALISASI 7_SRB BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DENGAN RUMAH BELAJAR PADA MASA PANDEMI